Fenomena Food Waste Mengancam Masa depan

 

Laporan terakhir dari Organisasi Pangan dan Pertanian Amerika Serikat (FAO) menyebutkan, jumlah sampah makanan atau food waste di dunia mencapai angka 1,3 milyar per tahunnya. Efeknya mungkin tak terlihat, dan tak banyak orang yang menyadarinya. Padahal, dampak buruk tersebut sudah ditimbulkan mulai dari proses produksi, sampai ketika makanan tersebut dibuang begitu saja.

Selain itu, food waste juga bisa merusak lahan, mengakibatkan berkurangnya produksi makanan setelahnya. Lalu, efek buruk apalagi yang disebabkan oleh food waste?

1. Pemenuhan Gizi Yang Tidak Merata

The Economist Intelligence Unit memperkirakan setiap orang bisa menghasilkan 300 kg sampah makanan per tahunnya. Dimana 1/3 dari seluruh makanan di dunia atau 1,3 juta ton makanan terbuang sia-sia. Nah, hal ini menimbulkan kesenjangan gizi karena masih banyak orang yang kekurangan makanan hingga menderita gizi buruk. Sementara pemborosan makanan masih saja terjadi dan sering dianggap sepele.

2. Pemborosan Sumber Daya Alam

Food waste tidak hanya memboroskan bahan pangan , tetapi juga sumber daya alam atau SDA . Kegiatan produksi pangan seperti pertanian sangatlah bergantung pada sumber daya alam seperti tanah dan air . Pada Tahun 2007, hampir 1,4 milyar hektar lahan pertanian dunia digunakan untuk memproduksi makanan yang tidak dikonsumsi. Selain itu food waste bisa menjadi salah satu faktor dalam berkurangnya keanekaragaman sumber alam.

3.  Sampah Makanan Picu Global Warning

Dampak buruk dari food waste tak cuma terjadi di proses produksi, tapi juga saat sudah dibuang. Sebab, sampah makanan akan memproduksi gas metana ketika mengalami proses pembusukan.Gas metana merupakan gas efek rumah kaca, yang jadi penyebab pemanasan global. Sebagian besar gas metana sejatinya sudah diproduksi ketika proses pengolahan bahan makanan dilakukan. Dan, akan makin bertambah bila ada sisa makanan yang terbuang. Dengan mengurangi food waste, produksi gas metana juga akan berkurang, dan membuat lingkungan jadi lebih baik.

Kontribusi Djoeragan Mengurangi Sampah Makanan Dunia

Djoeragan hadir Sebagai produsen produk siap konsumsi guna mendorong masyarakat sebagai konsumen untuk memiliki pola konsumsi yang bertanggung jawab dan peduli terhadap makanan yang mereka konsumsi dengan efisien. Produk siap konsumsi terbukti dapat mengurangi sampah makanan (Food Waste) hingga 47%. Djoeragan juga sudah ditakar sesuai nilai anjuran konsumsi nilai gizi sehari serta memiliki sertifikasi BPOM, FDA dan memiliki kemasan berstandart Food Grade yang aman untuk di konsumsi.