Makanan Modern Tenggelamkan Makanan Daerah

Makanan Modern Tenggelamkan Makanan Daerah

Makanan Modern Tenggelamkan Makanan Daerah

Indonesia merupakan negara dengan memiliki budaya dan tradisi beraneka ragam yang menyimpan makna dalam dibaliknya. Ribuan pulau dan 33 provinsi membuat Indonesia memiliki beraneka ragam kuliner yang menonjolkan ciri khas dari masing-masing daerahnya. Akan tetapi di era globalisasi, kuatnya pengaruh budaya asing dan kemajunya teknologi, hidangan tradisional saat ini mulai tergusur dengan hidangan modern ataupun asing. Hidangan tradisional kini sudah mulai punah dan jika masyarakat indonesia tidak melestarikan kuliner tradisinya, generasi penerus bangsa tidak akan tahu kalau hidangan tersebut pernah ada.

Proses mengolah hidangan Indonesia yang rumit dan banyaknya bahan yang digunakan menjadi fator utama beralihnya generasi muda pada hidangan lain yang lebih mudah dan praktis. Platform-platform digital seperti social media seharusnya juga bisa menjadi salah satu cara mengenalkan tradisi kuliner Indonesia pada generasi muda. Kuliner tradisi Indonesia akan punah jika generasi muda tidak mulai mengambil peran. Apakah kekayaan kuliner Kita layak dijaga? Atau bahkan dikenal dunia?

Jika hidangan barat, korea dan jepang saja bisa popular di Indonesia, bukankah seharusnya Indonesia sebagai negara dengan keberagaman kuliner paling kaya di dunia bisa mendapat posisi di lidah internasional? Namun sebelum berpikir ke kancah Internasional, masyarakat Indonesia harus mulai sadar dan serius berupaya menjaga keberadaan kuliner tradisi Indonesia. Jangan kekayaan kuliner Indonesia menambah daftar warisan budaya Indonesia yang lebih dihargai di negara luar dari pada negaranya sendiri.