Waspada Minyak Palsu Mulai Menyebar! Ini Efek Samping Jika Kita Mengkonsumsinya

Baru-baru ini Indonesia digemparkan dengan permasalah minyak palsu yang di jual secara murah ke warga dan produsen makanan di daerah. Dengan memanfaatkan momen kelangkaan minyak goreng serta melambungnya harga minyak goreng, para pelaku menawarkan harga yang lebih murah dari pada harga minyak saat ini. Setelah para warga membeli minyak tersebut, ternyata minyak tersebut bertekstur cair seperti air dan berbeda di bandingkan tekstur minyak yang kental serta tidak terlalu encer.

Dalam wawancara asat Reskrim Polres Kudus AKP Agustinus David mengakatan “Informasi adanya dugaan penipuan jual beli minyak goreng tersebut sudah kami tindak lanjuti dengan mendatangi tempat kejadian perkara. Tunggu hasil penyelidikannya nanti”. Selain melakukan penyelidikan, kepolisian juga melakukan uji laboratorium minyak goreng yang diduga palsu tersebut. Agar kasus serupa tidak terulang, Polres Kudus mengimbau masyarakat bisa lebih selektif dalam membeli minyak goreng dan disarankan membeli minyak goreng ke toko yang terpercaya. Seperti dikutip Antara.

Dari Kasus tersebut bahwa mulai banyak penyebaran minyak palsu mulai merambah di indonesia dan bahkan mungkin kita tanpa segaja kita mengkonsumsi minyak melalui memasak atau memakanan hidangan siap saji. Berikut ini dampak kesehetan yang jika kita mengkonsumsi minyak palsu atau oplosan.

1. Penyakit Kolesterol Tinggi

Dampak kesehatan konsumsi Palsu adalah diantaranya menyebabkan penyakit degeneratif seperti kolesterol, kanker, dan penyakit jantung. Minyak mengandung asam lemak jenuh tinggi akibat proses pemanasan yang dilaluinya. Jika dikonsumsi, akibatnya adalah penurunan HDL kolesterol serta peningkatan LDL dan total kolesterol.

2. Kanker

Minyak oplosan atau minyak palsu memiliki radikal bebas tersebut bakal menyerang sel-sel sehat dan memicu pertumbuhan abnormal sel kanker. Penumpukan radikal bebas juga akan menyebabkan mutasi gen dan berisiko menjadi sel kanker. Karena kanker merupakan penyakit berat yang sulit disembuhkan, sebaiknya hindari konsumsi makanan yang diolah dengan minyak jelantah.

3. Pencemaran Air

Salah satu bahaya yang jelas dari pembuangan minyak dengan tidak bijak adalah pencemaran air. Limbah cair ini bakal mengalir ke sungai dan berakhir di laut, menyebabkan pencemaran air yang lebih serius. Minyak yang mengapung di permukaan bakal menghalangi sinar matahari, menyebabkan tumbuhan laut tidak bisa berfotosintesis. Kandungan oksigen terlarut di perairan pun jadi menurun. Pada gilirannya, kelangsungan hidup biota laut bisa terancam.

Solusinya Terhindar dari Bahaya Minyak Palsu

Untuk terhindar bahaya minyak palsu tentunya kita sebagai konsumen harus cermat dalam memilih bahan atau produk hidangan yang benar-benar aman dan bermanfaat bagi tubuh kita. Salah satunya melihat bawah produk hidangan tersebut memiliki badan sertifikasi yang aman untuk di konsumsi. Djoeragan hadir sebagai solusi untuk semua permasalahan tersebut. Dengan memiliki sertifikasi BPOM dan FDA yang membuat konsumen tak perlu takut akan keamanan produk Djoeragan ini. Tak hanya memiliki sertifikasi yang menjamin keamanan konsumsi, Djoeragan juga mengukuti ajuran gizi di setiap hidangan jadi yang di sajikan sehingga konsumen tak perlu khawatir akan kadungan setiap produk djoeragan.